أبوفقيه Amaz Blognya Abu Muhammad Faqih

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ به طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Tafsir Surat An-Naba ayat 23

Firman Allah Subahanahu wa Ta’ala


لَّابِثِينَ فِيهَا أَحْقَابًا

Mereka tinggal di dalamnya berabad-abad lamanya.” Yakni mereka berdiam di dalamnya beberapa waktu. Ahqaab adalah jamak dari huqb dan huqub yang berarti rentang waktu.

Khalid bin Ma’dan berkata, “Ayat ini dan firman-Nya ‘(Kecuali jika Rabb-mu menghendaki yang lain),’ (QS. Hud: 108) adalah menerangkan orang-orang yang bertauhid.”

Ibnu Jarir meriwayatkan dari Salim, “Saya mendengar al Hasan ditanya tentang firman-Nya, ‘Mereka tinggal di dalamnya berabad-abad lamanya.’ Adapun ahqaab maka ia tidak mempunyai batasan bilangan tertentu. Ahqaab disini artinya kekal di dalam Neraka. Akan tetapi ada pula mereka yang menyebutkan bahwa huqub itu adalah 70 tahun yang setiap hari darinya bagaikan seribu tahun dari apa yang kalian hitung di dunia.”

Sa’id berkata dari Qatadah, “Firman-Nya, ‘Mereka tinggal di dalamnya berabad-abad lamanya,’ adalah masa yang tidak ada hentinya. Artinya, setiap kali huqub (masa) berlalu, maka datanglah huqub yang berikutnya. Dan disebutkan kepada kami bahwa huqub (masa) itu adalah 80 tahun.”

Ar-Rabi’ bin Anas berkata, “(Firman-Nya) ‘Mereka tinggal di dalamnya berabad-abad lamanya,’ hanya Allah-lah yang mengetahui berapa lama ahqaab (masa) yang dimaksud dalam ayat tersebut. Disebutkan kepada kami bahwa satu huqub (masa) itu selama 80 tahun, satu tahunnya 360 hari dan setiap harinya bagaikan seribu tahun dari apa yang kalian hitung (di dunia).” Keduanya diriwayatkan oleh Ibnu Jarir.

dinukil dari Terjemah Shahih Tafsir Ibnu Katsir Juz ‘Amma, Syaikh Shafiyurrahman Al Mubarakfuri, Penerbit Pustaka Ibnu Katsir, hal.9, Cetakan ke-4.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Arsip

IKLAN YANG KADANG TAMPIL DI BLOG INI SAMA SEKALI BUKAN MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB PEMILIK BLOG INI, MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMANAN ANDA...TERIMA KASIH

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 122 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 252,192 hits
%d blogger menyukai ini: