أبوفقيه Amaz Blognya Abu Muhammad Faqih

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ به طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Menggunakan Nama Najwa, Bolehkah?

Apakah nama Najwa halal, atau haram? Saya membaca dalam Al Quran “Sesungguhnya pembicaraan rahasia itu (an-najwa) termasuk (perbuatan) setan”

Jawaban:

Alhamdulillah semoga shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, kepada keluarganya, dan para sahabatnya, amma ba’du:

Memberi nama dengan nama “Najwa” tidak terlarang, karena tidak ada larangan dari sisi syar’ie. Adapun ayat yang engkau sebutkan bahwa “Sesungguhnya pembicaraan rahasia itu (an-najwa) termasuk (perbuatan) setan” maksudnya pembicaraan rahasia yang haram yang pelakunya disifati Allah dengan orang yang melakukan pembicaraan rahasia untuk berbuat dosa dan permusuhan, Allah ‘Azza wa Jalla berfirman:


أَلَمْ تَرَ إِلَى الَّذِينَ نُهُوا عَنِ النَّجْوَى ثُمَّ يَعُودُونَ لِمَا نُهُوا عَنْهُ وَيَتَنَاجَوْنَ بِالْأِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَمَعْصِيَتِ الرَّسُولِ

“Tidakkah engkau perhatikan orang-orang yang telah dilarang mengadakan pembicaraan rahasia, kemudian mereka kembali (mengerjakan) larangan itu dan mereka mengadakan pembicaraan rahasia untuk berbuat dosa, permusuhan, dan durhaka kepada Rasul.” (Al- Mujadalah: 8)

Akan tetapi, ada “Najwa” dalam kebaikan dan takwa yang disyariatkan, Allah ‘Azza wa Jalla telah memerintahkannya dan melarang untuk melakukan kebalikannya. Allah ‘Azza wa Jalla berfirman:


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا تَنَاجَيْتُمْ فَلا تَتَنَاجَوْا بِالْأِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَمَعْصِيَتِ الرَّسُولِ وَتَنَاجَوْا بِالْبِرِّ وَالتَّقْوَى

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu mengadakan pembicaraan rahasia, janganlah kamu mebicarakan perbuatan dosa, permusuhan, dan durhaka kepada Rasul. Tetapi bicarakanlah tentang perbuatan kebajikan dan takwa.” (Al-Mujadalah: 9)
….

Diterjemahkan dari http://fatwa.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=60317

Wallahu A’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Februari 16, 2016 by in Fiqih and tagged , , , .

Kategori

Arsip

IKLAN YANG KADANG TAMPIL DI BLOG INI SAMA SEKALI BUKAN MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB PEMILIK BLOG INI, MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMANAN ANDA...TERIMA KASIH

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 122 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 254,389 hits
%d blogger menyukai ini: