أبوفقيه Amaz Blognya Abu Muhammad Faqih

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ به طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Kitab Al Ishabah Fii Tamyiiz ash-Shahabah

Al Ishabah Fii Tamyiiz ash-Shahabah,[1] disusun oleh Al Hafizh Ibnu Hajar Al Asqalani (852 H).[2]

alishabahKitab ini merupakan kitab yang memuat nama-nama shahabat yang paling lengkap. Penulisnya telah menelaah dan mengambil faidah kitab-kitab sejenis yang sebelumnya, kemudian menyusunnya, mengurutkannya, dan menjauhkannya dari kekeliruan, serta menambahkan tambahan-tambahan yang beliau lihat pada sebagian jalur-jalur hadits dan kitab-kitab lainnya. Jadilah kitab tersebut kitab yang komplit.

Al Hafizh membuat urutan yang detil berdasarkan huruf mu’jam (hijaiyyah). Sama seperti yang dilakukan Imam Ibnul Atsir,[3] dan mengurutkan nama-nama, disusul kunyah-kunyah laki-laki, kemudian nama-nama wanita dan kunyah-kunyah wanita. Hanya saja penulis membuat pembagian baru untuk setiap huruf dalam nama atau kunyah sebagai tambahan dalam penyusunan huruf mu’jam. Penulis membagi setiap huruf menjadi 4 bagian:

Pertama:

Tentang perawi-perawi yang status shahabatnya ditentukan dengan jalur riwayat darinya atau dari yang lainnya, atau disebutkan dengan riwayat yang menunjukkan adanya suhbah (persahabatan dengan Nabi shallallahu alaihi wasallam-pen) dengan bukti apa saja.

Kedua:

Tentang perawi-perawi yang disebutkan dalam kategori sahabat dari kalangan anak-anak yang dilahirkan pada masa Nabi shallallahu alaihi wasallam yang ketika beliau shallallahu alaihi wasallam wafat mereka belum mencapai usia mumayyiz.

Ketiga:

Tentang perawi yang disebutkan dalam kitab-kitab yang terdahulu pada masa hidup al Hafizh Ibnu Hajar dari kalangan mukhadhram, yang mengalami masa jahiliyyah dan islam. Tapi tidak tercantum dalam satu riwayat pun bahwasanya mereka bertemu atau melihat dengan Nabi shallallahu alaihi wasallam. Jadi sesuai kesepakatan ulama mereka tidak termasuk sahabat. Mereka disebutkan karena kedekatan mereka dengan thabaqat sahabat.

Keempat:

Tentang perawi-perawi yang salah atau keliru telah disebutkan dalam kitab-kitab sebelumnya yang mencantumkan nama-nama sahabat, dengan menyebutkan kesalahan dan kekeliruan tersebut.

Hendaknya orang yang sedang membahas kitab ini memperhatikan kepada setiap pembagian dalam pembahasan nama sahabat, agar mengetahui bahwa seseorang itu sahabat atau bukan. Dia juga harus mengetahui bahwa bagian pertama di atas itu merupakan bagian yang paling banyak jumlahnya.

Jumlah biografi yang tercantum dalam kitab ini adalah 12.267 biografi. 9.477 di antaranya merupakan biografi perawi yang namanya dikenal sebagai laki-laki, 1.268 biografi perawi yang dikenal dengan kunyah mereka, dan 1.522 bigrafi dari nama dan kunyah wanita.

Sumber:

Ushul at-Takhrij wa dirasah al Asanid, DR. Mahmud ath-Thahhan, Maktabah al Ma’arif, hal. 150-151.

Gambar dari sini

[1] Mempelajari kitab ini dan juga kitab-kitab yang sejenis sangat penting untuk mengetahui seorang perawi itu seorang sahabat atau bukan, selanjutnya digunakan untuk menentukan apakah suatu hadits itu mursal atau maushul.

[2] Di waqfeya.net kitab ini sudah tersedia dalam bentuk pdf sebanyak 16 jilid dengan tahqiq DR. ‘Abdullah bin ‘Abdil Muhsin at-Turki.

[3] dalam Asd al Ghabah fii Ma’rifah ash-Shahabah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on April 16, 2013 by in Hadits and tagged , .

Kategori

Arsip

IKLAN YANG KADANG TAMPIL DI BLOG INI SAMA SEKALI BUKAN MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB PEMILIK BLOG INI, MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMANAN ANDA...TERIMA KASIH

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 122 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 254,389 hits
%d blogger menyukai ini: