أبوفقيه Amaz Blognya Abu Muhammad Faqih

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ به طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Al Jami’ ash-Shaghir min Hadits al Basyir an-Nadzir

Disusun oleh Jalaluddin ‘Abdurrahman bin Abi Bakar As-Suyuthi (911 H). di dalamnya tercantum kurang lebih 10.000 hadits. Tepatnya, pada yang sudah tercetak yang haditsnya telah diberi nomor, berjumlah 10.031 hadits. Beliau meringkasnya dari kitab Jam’ul Jawami’ (al Jami’ al Kabir) dan menyusunnya berdasarkan huruf mu’jam (hijaiyyah) dengan memperhatikan huruf pertama dari matan hadits[1] dan sesudahnya untuk memudahkan dalam mencari hadits dalam waktu singkat, dan membatasinya dengan mencantumkan hadits-hadits yang ringkas dan tidak banyak mencantumkan hadits-hadits hukum. Beliau tidak mencantumkan, menurut pendapatnya,[2] yang pada sanadnya terdapat perawi pemalsu dan pendusta yang menyendiri, tapi mencantumkan yang shahih, hasan, dha’if dan jenis-jenisnya.

Metode beliau dalam pecantuman hadits adalah dengan menyebutkan matan hadits tanpa menyertakan sanadnya, bahkan sahabat yang meriwayatkan hadits tersebut, kemudian setelah mencantumkan matan tersebut beliau menyebutkan rumus yang menunjukkan para penyusun kitab hadits, dengan menyebutkan nama sahabat yang penyusun kitab hadits tersebut meriwayatkan dari jalurnya. Setelah itu beliau mencantumkan rumus yang menunjukkan derajat hadits.

Contoh pencantuman hadits dalam al Jami’ ash-Shaghir:

22- آية ما بيننا و بين المنافقين أنهم لا يتضلعون من زمزم – [تخ ه ك] عن ابن عباس [صح]

[تخ

Maksudnya hadits tersebut diriwayatkan oleh Imam Al Bukhari dalam at-tarikh,

ه

Maksudnya hadits tersebut diriwayatkan juga oleh Imam Ibnu Majah dalam sunannya.

ك

Maksudnya hadits tersebut diriwayatkan juga oleh Imam Hakim dalam Mustadraknya.

عن ابن عباس

Menunjukkan bahwa hadits tersebut diriwayatkan dari Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhu.

صح

Menunjukkan bahwa Imam as-Suyuthi menghukumi hadits tersebut shahih.

Dalam penilaian Imam as-Suyuthi banyak terdapat tasahul (kelonggaran), oleh karena itu Imam Al Manawi mengomentari hadits-hadits tersebut dalam syarahnya yang berjudul Faidhul Qadir Syarh al Jami’ ash-Shaghir, dan menyelisihi penilian imam As-Suyuthi disertai dengan penjelasan atas pendapatnya. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala membalas kedua orang Imam ini dengan balasan yang paling baik.

Ada juga kitab Al Jami’ al Kabir (Al Jam’ul Jawami’) yang disusun Imam As-Suyuthi. Kitab ini adalah kitab yang sangat besar dimana dalam kitab ini Imam As-Suyuthi bermaksud mengumpulkan semua hadits yang ada. Hadits-hadits qouliyyah beliau susun berdasarkan huruf mu’jam.

Ada juga kitab “Az-Ziyadah ‘ala Kitab al Jami’ Ash-Shaghir”, mencantumkan hadits-hadits yang diringkas Imam As-Suyuthi sebagai tambahan atas Al Jami’ Ash-Shaghir.

Syaikh Yusuf an-Nabhani telah menggabungkan ziyadah tersebut dengan kitab Al Jami’ ash-Shaghir dan menjadikannya dalam satu susunan yang beliau beri judul “Al Fath al Kabir fi Dhammi az-Ziyadah ila al Jami’ ash-Shaghir.” Dan menyusun haditsnya berdasarkan urutan huruf mu’jam, akan tetapi beliau menghilangkan rumus yang menjelaskan derajat hadits.

Sumber: Ushul at-taakhrij wa dirasah al Asanid, Dr. Mahmud ath-Thahhan, Maktabah al Ma’arif, Riyadh, hal. 68-69, dengan beberapa penyesuaian.

sumber gambar


[1] Misalnya kita ingin mencari hadits “Innamal a’maalu binniyyaat…” maka kita mencari pada hadits-hadits yang diawali dengan huruf alif yang setelahnya adalah huruf nun.

[2] Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani menyusun kitab Shahih al Jami’ ash-Shaghir dan Dha’if al Jami’ as-Shaghir, atau yang sering disingkat penyebutannya dengan Shahih al jami’ dan Dhaif al jami’. Pdf kedua kitab ini bisa kita dapatkan di situs albany.net.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Arsip

IKLAN YANG KADANG TAMPIL DI BLOG INI SAMA SEKALI BUKAN MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB PEMILIK BLOG INI, MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMANAN ANDA...TERIMA KASIH

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 122 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 253,149 hits
%d blogger menyukai ini: