أبوفقيه Amaz Blognya Abu Muhammad Faqih

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ به طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Makna Hasan Gharib

Sebagian ulama berkata bahwa maksud istilah hasan gharib menurut at-Tirmidzi Rahimahullah adalah yang matannya selamat dari syadz dan gharib tapi sanadnya gharib dan memiliki kemusykilan. Dan hal-hal yang bisa menghilangkan ke-syadz-an matan misalnya adanya pengamalan sebagian shahabat (dan banyak menjadi sandaran Imam at-Tirmidzi Rahimahullah, misalnya beliau berkata beramal dengannya menurut para ulama). Ada yang membedakan antara perkataan at-Tirmidzi Rahimahullah “hasan gharib min hadzal wajh” dan perkataannya “hasan gharib laa na’rifuhu illa min hadzal wajh”, mereka berkata:

Hasan gharib min hadzal wajh, yang dimaksud gharib oleh Imam at-Tirmidzi Rahimahullah adalah gharib nisbi. Terkadang ada hadits yang diriwayatkan dari shahabat hanya dari satu jalan, maka jadilah hadits gharib min hadzal wajh. Tetapi diriwayatkan dari sahabat lain dari jalan lain maka hilanglah status gharib mutlak-nya dengan jalan ini tapi gharib nisbi-nya tetap karena tidak diriwayatkan dari shahabat ini dari jalan lain, yakni gharib pada sanad, bukan pada matan.

Adapun hasan gharib laa na’rifuhu illa min hadzal wajh : ini merupakan penegasan dari Imam at-Tirmidzi atas gharib mutlak, sebagian ulama berkata bahwa yang dimaksudkan at-Tirmidzi Rahimahullah dengan perkataan ini adalah hasan lidzatihi, karena hadits tersebut tidak membutuhkan jalan lain untuk mengangkatnya ke derajat hasan. Hadits hasan yang tidak disertai dengan adanya hadits dari jalan lain yaitu hasan lidzatihi.           

 

Sumber: al Jami’ wa manhaj at-Tirmidzi fiih (pdf), hal. 17. Link download: http://www.ahlalhdeeth.com/vb/attachment.php?attachmentid=85429&d=1307101644

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Agustus 8, 2012 by in Hadits and tagged , , , .

Kategori

Arsip

IKLAN YANG KADANG TAMPIL DI BLOG INI SAMA SEKALI BUKAN MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB PEMILIK BLOG INI, MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMANAN ANDA...TERIMA KASIH

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 122 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 254,389 hits
%d blogger menyukai ini: