أبوفقيه Amaz Blognya Abu Muhammad Faqih

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ به طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Mengenal Perawi Hadits(Al Muhmal)

Al  Muhmal

Yakni seorang perawi meriwayatkan dari dua orang (syaikh) yang sama namanya, baik namanya saja yang sama, nama bapaknya juga sama, atau yang semacam dengannya, tapi tidak membedakan kekhususan dari masing-masing dari kedua (syaikh) tersebut.

Kapan Ihmal ini menjadi masalah?

Ihmal ini menjadi masalah ketika salah satu syaikh tersebut tsiqah dan yang lainnya dhaif, karena kita tidak tahu syaikh mana yang riwayatnya diambil. Bisa jadi syaikh tersebut  dhaif sehingga haditsnya juga jadi dhaif.

Adapun jika keduanya tsiqah, ihmal tidak akan mempengaruhi keshahihan hadits, karena syaikh manapun yang diambil riwayatnya haditsnya tetap shahih.

Contoh:

Pertama, jika keduanya shahih, seperti yang terjadi pada al Bukhari dalam riwayat dari Ahmad (tidak disebutkan penisbatannya) dari Ibnu Wahab. Bisa jadi yang bernama Ahmad tersebut adalah Ahmad bin Shalih, atau Ahmad bin ‘Isya, keduanya tsiqah.

Kedua, jika salah satunya tsiqah dan lainnya dhaif, seperti Sulaiman bin Dawud dan Sulaiman bin Dawud (juga). Jika yang dinisbatkan kepada “Al Khaulani” maka dia tsiqah, tapi jika dinisbatkan kepada “Al Yamami” maka dia dhaif.

Perbedaan antara Muhmal dan Mubham

Bedanya adalah al muhmal disebutkan namanya, kesamaran terjadi pada penentuannya, sementara al mubham tidak disebutkan namanya.

Kitab-kitab yang masyhur

Al Mukmal fi Bayani al Muhmal, karangan al Khathib Al Baghdadi.

Sumber: Taysir Musthalah Al Hadits, Mahmud at-Thahhan, Maktabah Ma’arif lin-Nasyr wat-Tauzi’, dengan sedikit penyesuaian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on April 25, 2012 by in Hadits and tagged , , .

Kategori

Arsip

IKLAN YANG KADANG TAMPIL DI BLOG INI SAMA SEKALI BUKAN MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB PEMILIK BLOG INI, MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMANAN ANDA...TERIMA KASIH

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 122 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 252,192 hits
%d blogger menyukai ini: