أبوفقيه Amaz Blognya Abu Muhammad Faqih

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ به طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Hukum Memakai Hp Yang Berlapis Emas Bagi para Wanita

Apa hukum memakai perlengkapan hp (Hand Phone/Telpon Seluler) yang dilapisi emas bagi para wanita?

Alhamdulillah

Syariat Islam mengharamkan emas dan perak bagi pria dan wanita, Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

لَا تَشْرَبُوا فِي آنِيَةِ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ فَإِنَّهَا لَهُمْ فِي الدُّنْيَا وَلَكُمْ فِي الْآخِرَةِ

“Janganlah kalian minum menggunakan wadah yang terbuat dari emas dan perak, karena wadah itu diperuntukkan bagi mereka (orang-orang kafir) di dunia, dan bagi kalian (orang-oeang Islam) di akhirat.” (al Bukhari (5633) dan Muslim (2067))

Telah disebutkan dalam jawaban pertanyaan nomor 93416 bahwasanya wadah yang dilapisi dengan emas itu sama hukumnya dengan wadah yang terbuat dari emas. Jumhur ulama mengqiyaskan pemakaian emas, selain sebagai perhiasan, sebagai wadah. Mereka berpendapat bahwa pengharaman itu berlaku bagi pria dan wanita. Yang diperbolehkan bagi wanita hanya perhiasan dari emas karena kebutuhan mereka akan hal itu.

Ibnu Najim al Hanafi Rahimahullah berkata:

Jika telah ditetapkan keharaman minum (dengan wadah emas, pen), demikian juga makan, dan berhias karena kesamaan dalam penggunaannya, maka hukum yang ditetapkan dalam masalah ini berlaku juga dalam hal-hal yang memiliki ilat yang sama dengannya, karena menggunakannya berarti mengikuti kebiasaan orang-orang yang suka bermewah-mewah dan melakukan pemborosan. Allah Ta’ala berfirman tentang mereka:

أذهبتم طيباتكم في حياتكم الدنيا

“Kamu telah menghabiskan rezkimu yang baik dalam kehidupan duniawimu (saja).” (Al Ahqaaf: 20)

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

من تشبه بقوم فهو منهم

“Siapa saja yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk dari mereka.”

Dalam hal ini sama saja bagi pria dan wanita, demikian juga makan menggunakan sendok emas dan perak, memakai celak dengan pensil celak, dan pemakaian lain yang serupa dengannya…selesai dengan diringkas.

“Al Bahr ar-Ra-iq” (8/210-211)

Ibnul Qayyim Rahimahullah berkata:

“Pengharaman ini tidak hanya berlaku pada makan dan minum, tapi berlaku umum untuk semua jenis pemakaian, maka tidak diperbolehkan mandi, wudhu’, memakai minyak, dan bercelak dengannya. Hal ini tidak diragukan oleh ulama” selesai

“I’lamul Muwaqqi’in” (1/207)

Al Buhuti al Hanbali Rahimahullah berkata:

“memakai perhiasan diperbolehkan bagi para wanita karena butuhnya mereka kepada perhiasan tersebut untuk berhias diri di depan suami. Apa yang diharamkan jika dijadikan sebagai wadah, diharamkan juga jika digunakan sebagai alat. Walaupun berupa celak yang digunakan untuk bercelak. Dan yang sama haramnya dengan celak dari emas dan perak adalah lampu, tempat tidur, kursi, alas kaki, sendok, pintu, dan rak.” Selesai dengan diringkas.

“Kassyaf al Qina’” (1/51)

Syaikh Bin Baz Rahimahullah berkata:

“Penggunaan pena yang terbuat dari emas dan perak tidak diperbolehkan bagi pria maupun wanita karena bukan termasuk perhiasan. Dia sama saja dengan wadah emas dan perak. Wadah yang terbuat dari emas dan perak diharamkan secara kesuluruhan berdasarkan sabda Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam:

لا تشربوا في آنية الذهب والفضة ولا تأكلوا في صحافها فإنها لهم في الدنيا ولكم في الآخرة

‘Janganlah kalian minum menggunakan wadah yang terbuat dari emas dan perak, dan janganlah kalian makan dengan piring besar yang terbuat dari emas dan perak karena itu diperuntukkan bagi mereka (orang-orang kafir) di dunia dan bagi kalian di akhirat.’ Muttafaq alaih “ selesai dengan diringkas.

“Majumu’ Fatawa Bin Bazz” (19/72)

Disebutkan dalam “Fatwa Lajnah Daimah” (24/75):

“sepanjang yang kami ketahui tidak ada dalil yang sahih mengenai larangan pemakaian emas dan perak selain wadah, pakaian, dan cincin emas bagi laki-laki. Pemakaian pena yang dilapisi dengan emas untuk menulis merupakan wilayah ijtihad, dan yang lebih mendekati kebenaran adalah haram karena merupakan pemborosan, kesombongan, dan menunjukkan arogansi. Maka hukumnya harus disamakan dengan pemakaian wadah emas dan perak karena ilat-ilat yang telah disebutkan” selesai dengan diringkas.

“Fatawa al-Lajnah ad-Daimah” (24/75)

Syaikh Ibnu Jibrin Rahimahullah pernah ditanya: Saya perhatikan dalam masa-masa sekarang ini banyak alat-alat dan barang-barang yang dilapisi emas dalam banyak hal, seperti jam, pena, pegangan pintu, wadah-wadah, dan lain-lain yng sangat banyak. Apakah benda-benda ini benar-benar dilapisi dengan emas murni, dan apa hukumnya?

Beliau menjawab:

“jika dipastikan bahwa lapisan ini terbuat dari emas murni maka benda-benda yang dilapisi dengannya tidak boleh digunakan, jadi tidak boleh menulis dengan pena (yang dilapisi dengan emas), memakai pegangan pintu dari emas, minum dengan wadah emas, termasuk cangkir kopi, teh, dan sendok…sampai selesai.

Adapun jam, kaca mata, dan cincin diperbolehkan hanya bagi para wanita.” Selesai

Dinukil dari situs beliau

http://ibn-jebreen.com/ftawa.php?view=vmasal&subid=8519&parent=786

Syaikh Shalih al Fauzan hafizhahullah berfatwa bahwasanya haram menggunakan pena mengandung emas, baik bagi pria maupun wanita.

“al Muntaqa min Fatawa al Fauzan” (3/Kitab Thaharah hal. 6,7)

Berdasarkan hal-hal di atas, tidak boleh memakai hp (hand phone/telpon seluler) yang dilapisi emas, baik bagi pria maupun wanita. Dan pada dasarnya kaum muslimin itu harus menjauhi segala hal yang mengandung sifat berbangga-bangga, kesombongan, arogansi, dan pemborosan.

Wallahu a’lam

Diterjemahkan dari  http://www.islamqa.com/ar/ref/119638

Wallahu A’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Arsip

IKLAN YANG KADANG TAMPIL DI BLOG INI SAMA SEKALI BUKAN MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB PEMILIK BLOG INI, MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMANAN ANDA...TERIMA KASIH

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 122 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 254,389 hits
%d blogger menyukai ini: