أبوفقيه Amaz Blognya Abu Muhammad Faqih

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ به طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Antara Ad-Dirayah dan At-Talkhish

Keduanya merupakan kitab takhrij yang disusun oleh Imam Al Hafizh Abu al Fadhl Ahmad bin ‘Ali bin Hajar al Kinani al ‘Asqalani, atau yang lebih dikenal dengan Imam Ibnu Hajar Al Asqalani.[1] Ada sesuatu yang unik dibalik kemasyhuran kedua kitab tahrij tersebut, yakni keduanya memiliki akar yang berbeda. Keduanya memiliki hulu yang berseberangan, yang pertama berasal dari kitab bermazhab Hanafi, dan

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat perinciannya sebagai berikut:

 

Ad-Dirayah fi Takhrij Ahadits al Hidayah

 

Kitab ini merupakan talkhish (ringkasan) dari kitab Nasbu ar- Rayah Li Ahadits al Hidayah karangan al Hafiz Az-Zaila’i.[2] Nasbu ar-Rayah ini merupakan kitab yang berisi takhrij atas hadits-hadits dalam kitab Al Hidayah karangan Al Allamah Ali bin Abi Bakr al Marghinani al Hanafi (w. 593 H) yang merupakan kitab fiqih hanafi yang paling besar. Jadi sumber awalnya adalah kitab al Hidayah, kemudian di takhrij haditsnya oleh az-Zaila’i dalam Nasbu ar-Rayah, kemudian Nasbu ar-Rayah ini di ringkas oleh Imam Ibnu Hajar menjadi kitab Ad-Dirayah Takhrij Ahadits al Hidayah.

Bagi yang ingin mengunduh kitab ad-Dirayah, silahkan klik di sini (http://ia700306.us.archive.org/29/items/diraya_hajar/diraya_hajar.pdf)

 

At-Talkhish al Habir fi Takhrij Ahadits Syarh al Wajiz al Kabir

 

Kalau kita baca dalam kitab-kitab hadits perkataan seperti: ”dishahihkan Imam Ibnu Hajar dalam at-Talkhish”, maka yang dimaksud adalah kitab ini. Kitab ini merupakan ringkasan dari kitab al Badr al Munir fi Takhrij al Ahadits wal Atsar al Waqi’ah fi asy-Syarh al Kabir karangan Ibnu al Mulaqqin.[3] Kitab al Badrul Munir ini merupakan takhrij dari kitab Asy-Syarh al Kabir yang merupakan kitab fiqih mazhab Syafi’I yang disusun oleh ar-Rafi’i.[4] dan Kitab Asy-Syar al Kabir ini merupakan kitab syarah dari kitab al Wajiz (mazhab Syafi’I juga) karangan Imam al Ghazali.[5]

Bagi yang ingin mengunduh kitab at-talkhish, silahkan klik di sini (http://s203841464.onlinehome.us/waqfeya/books/24/04/thtark.rar)

 

Dari penjelasan singkat di atas, dua kitab tersebut berasal dari mazhab yang berbeda, tapi disusun oleh orang yang sama, yakni Imam Ibnu Hajar yang bermazhab Syafi’i. Nampaklah khidmat Imam Ibnu Hajar kepada ilmu hadits, walaupun beliau sebenarnya bermazhab Syafi’I beliau meringkas an-Nasbu ar-Rayah atas permintaan sahabat-sahabatnya supaya para pengikut mazhab Imam al Hanafi bisa mengambil manfaat darinya.

 

Semoga penjelasan yang sangat singkat ini bisa bermanfaat, supaya kita bisa mengidentifikasi nama-nama kitab yang mungkin terdengar asing di telinga kita, yang kita temukan ketika membaca kitab-kitab hadits.  

 

Wallahu a’lam.

 

Sumber: Dr. Mahmud ath-Thahhan, Ushul at-Takhrij wa Dirasah al Asanid, Maktabah al Ma’arif.


[1] Lahir tahun 773 H dan wafat tahun 852 H

[2] Jamaluddin Abu Muhammad Abdullah bin Yusuf Az-Zaila’I al Hanafi (w. 762 H)

[3] Siraj ad-Din Umar bin Ali bin al Mulaqqin (w. 804 H)

[4] Abu al Qasim Abd al Karim bin Muhammad ar-Rafi’I (w. 623 H)

[5] Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al Ghazali (w. 505 H)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Arsip

IKLAN YANG KADANG TAMPIL DI BLOG INI SAMA SEKALI BUKAN MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB PEMILIK BLOG INI, MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMANAN ANDA...TERIMA KASIH

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 122 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 252,192 hits
%d blogger menyukai ini: