أبوفقيه Amaz Blognya Abu Muhammad Faqih

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ به طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Saudara Perempuannya Tidak Shalat dan Memiliki Tingkah Laku Yang Tidak Baik

Apa yang harus saya lakukan terhadap adik perempuan saya yang tidak shalat, suka berdusta, sering cekcok, dan seluruh penghuni rumah sudah capek dengan tingkah lakunya?

Jawab:

Terima kasih kepada anda yang telah menghubungi kami, kami memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar senantiasa memberi petunjuk kepada kita dan melindungi kita dari kejahatan diri kita.

Adapun kondisi adik perempuan anda, kondisi ini banyak terjadi pada kalangan muda pada masa ini. Kami memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar memberikan hidayahnya kepada kita dan kepada mereka. Dan kewajiban kita atas mereka adalah:

Pertama, anda dianjurkan menghadap kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan mendoakan hidayah bagi mereka, karena Dialah Yang Membolak-balikkan Hati, mungkin doa yang berasal dari dalam hati akan menyebabkan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Kedua, dianjurkan kepada anda untuk tidak berurusan dengannya karena dia masih kecil, atau karena dia belum mengetahui maslahatnya. Manusia, terutama yang sedang mengalami mas pubertas, suka jika orang-orang disekitarnya menganggapnya penting, sebaliknya dia tidak suka berhubungan dengan orang-orang yang terus menganggapnya sebagai anak kecil.

Ketiga, cobalah untuk mencarikan teman yang shalihah baginya, dan menjauhkan dari temannya yang tidak baik, walaupun hal itu harus dilakukan dengan memindahkan dia dari sekolah tempat dia belajar. Hal itu agar dilakukan tanpa sepengetahuan dia karena mungkin dia akan bersikap keras kepala yang akan menambah permasalahan yang ada.

Keempat, anda seharusnya tidak hanya memberikan pandangan yang buruk kepadanya, sebaliknya anda harus menunjukkan kegembiraan atas perbuatan baik yang dilakukannya dan memberikan hadiah kepadanya jika dia melakukan hal-hal yang baik.

Kelima, anda mungkin bisa bisa menasehatinya melalui seseorang yang disayanginya seperti guru, teman, atau yang lainnya.

Keenam, anda bisa mencoba memberikan rekaman atau buku yang berisi nasehat secara tidak langsung, seperti memposisikan dirinya dekat dengan rekaman atau buku tersebut atau memperdengarkan rekaman tadi di dalam mobil.

Adapun kondisinya yang tidak mau shalat, ini merupakan hal yang sangat serius karena kedudukan shalat dalam agama Islam seperti tiang yang menjadi pondasi sebuah bangunan. Oleh karena itu Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

العهد الذي بيننا وبينهم الصلاة فمن تركها فقد كفر

“Perjanjian antara kita dengan mereka adalah shalat, maka barang siapa meninggalkannya berarti dia benar-benar telah kafir”. (At-Tirmidzi (1621), Dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahih at-Tirmidzi (2113))

Dan Rasululllah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

بين الرجل وبين الشرك والكفر ترك الصلاة

Pembeda antara laki-laki (muslim) dengan kufur dan syirik adalah meninggalkan shalat.”(Muslim (82))

Yang menjadi kewajiban bagi anda adalah menasehati dan membawanya kepada jalan yang lurus. Untuk tujuan ini kalian bisa menggabungkan antara metode penghargaan dan hukuman, antara kelembutan dan ketegasan. Boleh menggunakan kekerasan jika diperlukan.

Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam telah bersabda:

مروا أولادكم بالصلاة وهم أبناء سبع سنين واضربوهم عليها وهم أبناء عشر سنين وفرقوا بينهم في المضاجع

“Perintahkanlah shalat kepada anak-anak kalian ketika mereka mencapai usia tujuh tahun, dan pukullah mereka karena meninggalkan shalat jika telah sepuluh tahun, dan pisahkanlah tempat tidur mereka.”(Abu Dawud (495), dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abu Dawud (466))

Kekerasan ini demi kemaslahatannya.

Seorang penyair berkata:

قسا ليزدجروا ومن يك راحماً     فليقسُ أحياناً على من يرحم

Bersikapkeraslah supaya mereka terkendali dan barang siapa menyayangi seseorang maka hendaknya dia sesekali bersikap keras kepada orang dia sayangi.

Kami memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar memperbaiki kondisi kaum muslimin

الإسلام سؤال وجواب

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Arsip

IKLAN YANG KADANG TAMPIL DI BLOG INI SAMA SEKALI BUKAN MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB PEMILIK BLOG INI, MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMANAN ANDA...TERIMA KASIH

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 122 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 254,389 hits
%d blogger menyukai ini: