أبوفقيه Amaz Blognya Abu Muhammad Faqih

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ به طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Hadits Isnadnya Shahih, Shahihkah?

Kita sering menjumpai pernyataan ahli hadits dalam kitabnya hadits ini isnadnya atau sanadnya shahih atau isnadnya dhaif[1], tidak menyebutkan hadits ini shahih atau hadits ini dhaif. Padahal yang kita perlukan adalah derajat haditsnya sehingga kita bisa langsung mengambil kesimpulan, kalau shahih haditsnya tentu langsung bisa kita pakai. Jika ahli hadits menyatakan hadits ini isnadnya shahih, apakah langsung kita simpulkan hadits tersebut bisa kita amalkan? atau sebaliknya jika dikatakan hadits ini isnadnya dhaif, apakah otomatis kita tinggalkan?

Kalau kita kembali ke syarat-syarat keshahihan hadits[2], sebenarnya shahihnya sanad atau isnad belum mencakup semua syarat keshahihan suatu hadits. Sebab jika telah shahih sanadnya, masih harus kita pastikan apakah hadits itu syadz, artinya riwayat perawi tsiqah bertentangan dengan perawi yang lebih tsiqah atau perawi-perawi tsiqah lainnya. Setelah itu diteliti kembali apakah ada ilat atau cacat tersembunyi yang mengurangi keshahihan tersebut atau tidak. Jika ternyata tidak syadz dan tidak ilat, baru bisa dikatakan bahwa hadits tersebut shahih.

Sebaliknya jika dikatakan isnadnya dhaif, tidak berarti haditsnya dhaif, karena ada kemungkinan riwayat tersebut dikuatkan oleh riwayat lain baik berupa syahid, mutaba’ah tammah atau mutaba’ah qashirah. Wallahu a’lam

Semoga bermanfaat

Medan, 8 April 2011 M/4 Jumadil Awwal 1432 H, jam 10.24 WIBB


[1] Penulis pernah mendengar penjelasan tentang masalah ini dalam kajian kitab Taudhihul Ahkam yang diisi oleh Ustadz Abu Ihsan al Maidany hafizhahullah di masjid Al Muslimin Jl. Sun Yat Sen Medan.

[2] A. Ketersambungan sanad

b. sifat adalah rawi

c. kedhabithan rawi

d. tidak adanya illat, dan

e. tidak adanya syadz

(lihat taysir musthallah al hadits, Dr. Mahmud ath-Thahhan (http://www.almeshkat.net/books/open.php?cat=9&book=2752)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Arsip

IKLAN YANG KADANG TAMPIL DI BLOG INI SAMA SEKALI BUKAN MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB PEMILIK BLOG INI, MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMANAN ANDA...TERIMA KASIH

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 122 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 252,192 hits
%d blogger menyukai ini: