أبوفقيه Amaz Blognya Abu Muhammad Faqih

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ به طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Pasien Wanita Berkhalwat (Berduaan) Dengan Dokter Laki-laki

Soal:

Mengingat wanita muslimah bisa jatuh sakit dan membutuhkan pemeriksaan dokter, tetapi kadang tidak ditemukan dokter wanita yang bertugas, sehingga dia memilih memeriksakan dirinya kepada dokter laki-laki. Apakah khalwat (berduaan) antara dokter laki-laki dengan pasien wanita ini diperbolehkan oleh syariat? Apakah terlarang bagi mahram dari pasien wanita tadi untuk menemaninya karena adanya perawat yang tidak berhijab? Padahal dokter itu sendiri bukanlah mahram si perawat dan kehadiran mahram tadi mengharuskan si perawat menutup dirinya dengan hijab. Apakah syariat membolehkan melarang kehadiran mahram dalam pemeriksaan pasien wanita dengan alasan ini dan khalwatnya pasien wanita dengan dokter laki-laki. Atau haruskah ditemani mahramnya selama pemeriksaan? Berikanlah fatwa tentang hal ini kepadaku, semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala membalas anda.

Jawab:

Seorang dokter laki-laki tidak boleh berduaan saja dengan seorang pasien wanita untuk memeriksanya, wajib bagi suami atau mahramnya untuk menemaninya selama pemeriksaan.

Semoga Allah senantiasa memberikan waufiqnya kepada kita, dan semoga shawalat serta salam senantiasa tercurah kepada Nabi kita Muhammad, kepada keluarganya dan para sahabatnya.

Sumber: اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Januari 13, 2011 by in Fiqih and tagged , , , , , , .

Kategori

Arsip

IKLAN YANG KADANG TAMPIL DI BLOG INI SAMA SEKALI BUKAN MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB PEMILIK BLOG INI, MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMANAN ANDA...TERIMA KASIH

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 122 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 252,192 hits
%d blogger menyukai ini: