أبوفقيه Amaz Blognya Abu Muhammad Faqih

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ به طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Suci Pada Waktu Ashar, Wajibkah Shalat Dzuhur?

Jika seorang wanita yang haid suci sebelum Ashar, misalnya, ketika dia mandi masuklah waktu Ashar. Wajibkah baginya untuk shalat dzuhur?

 

Jawab:

Jika telah suci, baik dari haidh atau nifas, sebelum terbenamnya matahari, maka wajib baginya untuk mengerjakan shalat dzuhur dan ashar pada hari tersebut. Begitu juga jika dia suci sebelumnya terbit fajar, maka wajib baginya shalat maghrib dan isya’ pada malam tersebut karena waktu shalat kedua adalah waktu shalat pertama dalam keadaan udzur.

Syaikhul Islam berkata dalam al-Fatawa (2/334): “Oleh karena itu madzhab jumhur ulama seperti Malik, Asy-Syafii, dan Ahmad berpendapat bahwa seorang wanita yang haidh suci dari haidhnya pada akhir siang, maka dia harus mengerjakan shalat dzuhur dan ashar dan jika dia suci dari haidh pada akhir malam maka dia harus mengerjakan shalat maghrib dan isya’. Hal ini sesuai dengan riwayat dari Abdurrakman bin ‘Auf, Abu Hurairah, dan Ibnu ‘Abbas Radhiallahu Anhum bahwa satu waktu shalat itu merupakan waktu dari dua shalat sekaligus ketika ada udzur. Jika suci pada akhir siang maka waktu dzuhur tetap ada dan harus dikerjakan sebelum shalat ashar. Dan jika suci pada akhir malam maka waktu masih tetap ada dan harus dilaksanakan sebelum shalat isya…”Wallahu A’lam.

 

Shahih Fiqh as-Sunnah al_Juz Al-Awwal, Syaikh Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim, Terbitan Maktabah at-Taufiiqiyyah, hal. 210.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Juli 31, 2010 by in Fiqih and tagged , , , , .

Kategori

Arsip

IKLAN YANG KADANG TAMPIL DI BLOG INI SAMA SEKALI BUKAN MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB PEMILIK BLOG INI, MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMANAN ANDA...TERIMA KASIH

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 122 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 252,192 hits
%d blogger menyukai ini: