أبوفقيه Amaz Blognya Abu Muhammad Faqih

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ به طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Sifat Salam

Ketika selesai shalat dan hendak salam, apakah mengucapkan “Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh”, ke kanan dan ke kiri? Ataukah “assalamu’alaikum warahmatullah” saja? Dan apa hukum shalat seseorang yang menambahkan “wabarakatuh” ketika salam?

Jawab:

Sunnahnya cukup sampai “warahmatullah” saja. Yang disyariatkan adalah ucapan “assalamu’alaikum warahmatullah”, ke kanan dan ke kiri. Adapun dalam tambahan “wabarakatuh”   terdapat ikhtilaf di kalangan para ulama. Alqamah bin Wa’il telah meriwayatkan dari bapaknya bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengucapkan seperti ini: “Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh”. Tetapi para ulama berbeda pendapat tentang keshahihan atas mendengarkannya Alqamah dari bapaknya atau tidak, sebagian mengatakan bahwa riwayatnya munqathi’. Disyariatkan bagi seorang mu’min untuk tidak menambah (cukup sampai warahmatullah) atau menguranginya. Tidak mengapa bagi yang melebihkan bacaannya karena masih ragu atas kesahihannya atau karena ketidaktahuannya atas hukumnya, shalatnya tetap sah. Akan yang tetapi lebih utama dan lebih aman adalah tidak menambahkan dengan tujuan mengamalkan perkara yang lebih kuat dan aman dan agar bisa keluar dari hal-hal yang diperselisihkan ulama.

Majmu’ Fatawa wa Maqalat Mutanawwi’ah Al Mujallid Al Khamis wal ‘Isruun.

http://www.binbaz.org.sa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Maret 17, 2010 by in Fiqih and tagged , , , .

Kategori

Arsip

IKLAN YANG KADANG TAMPIL DI BLOG INI SAMA SEKALI BUKAN MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB PEMILIK BLOG INI, MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMANAN ANDA...TERIMA KASIH

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 122 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 253,149 hits
%d blogger menyukai ini: