أبوفقيه Amaz Blognya Abu Muhammad Faqih

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ به طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Islamic Book Fair

Di salah satu surat kabar hari ini saya membaca bahwa mulai hari ini Islamic Book Fair (IBF) 2010 akan segera dibuka. Acara yang digelar setiap tahun sejak 2002 ini akan digelar di Istora Gelora Bung Karno 5 sampai dengan 14 Maret 2010. Hal ini tentunya tentunya merupakan acara yang ditunggu-tunggu oleh kaum muslimin yang ingin menambah wawasannya melalui membaca.

Sayangnya, lokasi pameran IBF ini sangat jauh dari lokasi saya sekarang, Medan. Saya berharap IBF ini akan diselenggarakan juga di kota-kota di luar Jakarta, termasuk Medan.  Jakarta memang memiliki magnet yang paling besar dibanding kota-kota lainnya, namanya juga ibu kota, hampir semua hal bias diperoleh dengan mudah di kota ini tentunya  termasuk buku-buku islam, baik buku-buku yang ditulis oleh penulis dari Indonesia sendiri, buku terjemahan, sampai kitab-kitab asli berbahasa arab terbitan Timur Tengah. Hal itu sudah pernah saya buktikan ketika saya memerlukan beberapa kitab asli, alhamdulillah saya berhasil memilikinya dengan cara memesan dari paman saya yang kebetulan tinggal di Jakarta. Sangat sulit mendapatkannya di Medan. Ada satu memang, yang kebetulan saya tahu, toko buku yang khusus menjual kitab-kitab asli tetapi hanya berasal dari satu penerbit dan kondisinya sangat memperihatinkan.

Berbagai jenis dan judul buku pastinya akan membanjiri acara IBF tersebut. Tetapi ada juga yang harus diwaspadai oleh kaum muslimin yang hendak berbelanja buku. Dari yang saya baca, ada beberapa penerbit, yang sering menerbitkan buku-buku yang berisi ajaran-ajaran yang menyimpang dari pemahaman ahli sunnah wal jamaah, ikut berpartisipasi dalam acara ini.   Saya juga menyayangkan toko-toko buku di Medan, salah satunya yang terletak di Jalan Iskandar Muda, yang dulu sering saya kunjungi yang terkesan hanya mementingkan sisi bisnis saja, tidak memperhatikan kualitas buku yang dijualnya. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi kaum muslimin yang mulai memiliki gairah untuk mempelajari Islam lebih dalam, karena justru bisa terperosok ke dalam aliran atau pemahaman yang menyimpang dari ajaran Islam yang lurus seperti syiah, liberalism, dan ajaran-ajaran bid’ah lainnya.

Jadi, bagi kaum muslimin yang akan berbelanja buku, dimana saja, agar berhati-hati dalam memilih buku-buku Islam. Pilihlah buku-buku yang berisi ajaran Islam yang bersumber dari Al Quran dan Sunnah Shahihah berdasarkan pemahaman para salafus shalih, generasi terbaik yang pernah ada, generasi yang dididik dalam madrasah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang jauh dari perkara-perkara bid’ah.

Sebagai penutup, berkaitan dengan pentingny memilih dan memilah buku sebagai sumber rujukan kita dalam memahami agama ini, mungkin ada baiknya kita simak perkataan Imam Ibnu Sirin rahimahullahu :

إن هذا العلم دين فانظروا عمّن تأخذون دينكم

Ilmu ini adalah agama, maka perhatikanlah darimana kalian mengambil agama kalian.” (Diriwayatkan oleh Imam Muslim di dalam Muqaddimah Shahih-nya).

Wallahu A’lam

Sumber:

1. Dialog Jumat Republika tanggal 5 Maret 2010.

2. http://abusalma.wordpress.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Maret 5, 2010 by in Manhaj and tagged .

Kategori

Arsip

IKLAN YANG KADANG TAMPIL DI BLOG INI SAMA SEKALI BUKAN MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB PEMILIK BLOG INI, MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMANAN ANDA...TERIMA KASIH

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 122 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 253,149 hits
%d blogger menyukai ini: