أبوفقيه Amaz Blognya Abu Muhammad Faqih

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ به طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

I’rab Hadits Pertama Al Arba’in (I)

Prolog:

Kebetulan saya menemukan ebook I’rab al arba’in yang sangat bermanfaat ini, kemudian saya mencoba membacanya pelan-pelan sambil belajar meng’i’rab. Apabila  ada kesalahan, saya mohon maaf dan kiranya bagi antum yang mengetahuinya dapat memberi kritik ataupun masukan.

I’rab Hadits Pertama


« إنما » : كافة ومكفوفة (الكافة هي ما ، والمكفوفة هي إنّ كُفت عن العمل وهنا لا تختص بالدخول على الجمل الاسمية . بل يجوز دخولها على الجمل الفعلية كقوله تعالى : +إنما يخشى الله من عباده العلماء” [فاطر:28] فهي في هذه الآية دخلت على جملة فعلية)

إنما Al Kaaffah wal makfuufah

ما Al Kaaffah dan  إنّ al makfuufah ما itu membatalkan fungsi  إنّ (tanshibul isma wa tarfa’ul khobar)

Innamaa Tidak khusus (di awal hadits tersebut di atas) masuk kepada jumlah ismiyah tetapi boleh juga masuk ke dalam jumlah fi’liyah seperti firman Allah Ta’ala:

إنما يخشى الله من عباده العلماء”
Dia masuk pada jumlah fi’liyah pada ayat di atas.
« الأعمال » : مبتدأ مرفوع وعلامة رفعه الضمة الظاهرة على آخره

Al A’maal itu mubtada’, dihukumi rafa’ dan tanda rafa’nya adalah dhammah dzahirah di akhir (karena al a’maal itu jamak taksir sehingga tanda rafa’nya adalah dhammah)

« بالنيات » : « الباء » : حرف جر . « النيات » : اسم مجرور بالباء وعلامة جره الكسرة ، والجار والمجرور متعلقان بمحذوف خبر المبتدأ تقديره كائنة أو مستقرة. ويجوز إعراب الجار والمجرور في محل رفع خبر المبتدأ .

(Binniyyaat)

(Al baa’) huruf jar

(an niyyaat) isim majrur dengan al baa’ dan alamat jarnya adalah kasrah (karena niyyat itu jamak mu’annats saliim), jar dan majrur ta’alluq dengan khabar mubtada’ yang makhdzuf (tersembunyi) taqdirnya  كائنة atau مستقرة . boleh juga di’irab sebagai jar majrur fi mahalli raf’in (menempati posisi rafa’) khabar mubtada’.

Keterangan: di kalangan ahli nahwu terdapat ikhtilaf, pendapat pertama mengatakan bahwa jar majrur di situ bukan khobar tetapi ta’alluq dengan khabar yag tersembunyi sehingga asalnya إنما الأعمال كائنة بالنيات , atau dan pendapat lainnya menyatakan jar dan majrur itu sebagai khabar. Wallahu A’lam

إعراب

الأربعين النووية

تأليف : عمر بن عبدالله العُمري

Al Maktabah Asy Syamilah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Oktober 26, 2009 by in Bahasa Arab, Hadits and tagged , , , .

Kategori

Arsip

IKLAN YANG KADANG TAMPIL DI BLOG INI SAMA SEKALI BUKAN MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB PEMILIK BLOG INI, MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMANAN ANDA...TERIMA KASIH

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 122 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 252,192 hits
%d blogger menyukai ini: