أبوفقيه Amaz Blognya Abu Muhammad Faqih

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ به طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Berdzikirlah Dengan Tangan Kanan

عن أبي عبد الله ابن عمرو رضي الله عنه قال ׃ رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقعد التسبيح بيمينه

Dari Abdullah bin Amr Radhiyallahu Anhu , ia berkata : ‘Aku melihat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menghitung bacaan tasbih (dengan jari-jari) tangan kanannya.’” (Hadits Shahih, riwayat abu Dawud Nomor 1502, dan at Tirmidi No. 3486, Shahih at Tirmidzi III/146 no. 2714, Shahih Abu Dawud I/280 no. 1330, al Hakim I/547, al Baihaqi II/253.)

Bahkan Nabi Shallalahu Alaihi Wasallam memerintahkan para sahabat wanita menghitung; subhanallah, Alhamdulillah, dan mensucikan Allah dengan jari-jari, karena jari-jari akan ditanya dan diminta untuk bicara (pada hari Kiamat). (hadits hasan, riwayat Abu Dawuud no. 1501, dan at Tirmidzi. Dihasankan oleh Imam an Nawawi dan Ibnu Hajar Al Asqalani).

Rasulullah mengajarkan kita untuk melakukan hal-hal yang baik menggunakan tangan kanan, termasuk juga bagi orang yang kidal. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda :


إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِينِهِ وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِينِهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ

Dari Ibnu Umar Radhiyallau ‘anhuma, dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Jika salah seorang dari kalian makan, maka makanlah dengan tangan kanan. Jika minum, maka minumlah dengan tangan kanannya. Sesungguhnya syetan makan dan minum dengan tangan kirinya.”(Hadits riwayat Muslim dalam kitab Al-Asyribah, nomor; 105 [2020] dan Ahmad [2/8])

Perlu diingat bahwa do’a masuk dalam wilayah ibadah. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda :


الدعاء هو العبادة٬ قال ربكم ׃ ادعوني أستجب لكم٠

Do’a adalah ibadah, Rabb kalian berfirman : ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya Aku akan memperkenankankan untuk kalian.’”(QS. Al Mu’min : 60).” (H.R. Abu Dawud no. 1479, at Tirmidzi no. 3247, Ibnu majah no. 3828, Shahih al Jaami’ish Shaghiir no. 3407 dan Shahih Ibni Majah II/324)

Kembali kepada kaidah, bahwa kita tidak boleh mengada-ada (berinovasi) dalam masalah ibadah. Kita harus berdoa’ maupun berdzikir dengan doa dan dzikir yang diajarkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dan juga dengan tata cara yang beliau ajarkan. Syarat diterimanya ibadah adalah :

1. 1. Ikhlas, yaitu semata-mata karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala, menjauhkan syirik besar dan syirik kecil (riya).

2. 2. Ittiba’ yaitu sesuai dengan contoh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Imam Ibnu Qayyim Rahimahullah (wafat 751 H) berkata : “Dzikir yang paling baik dan yang paling bermanfaat adalah do’a dan dzikir yang diyakini dengan hati, diucapkan dengan lisan, dilaksanakan dengan konsisten dari do’a dan dzikir yang dicontohkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, serta orang yang melakukannya memahami makna-makna dan maksud yang terkandung di dalamnya.” (al Fawaa-id libnil Qayyim hal 247, Fawaa-idul fawaa-id hal. 309, Syaikh Ali Hasan Ali abdul Hamid.

Dikutip dari buku “Doa dan Wirid Mengobati Guna-guna dan Sihir Menurut al Quran dan As Sunnah”, Ustad Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Penerbit Pustaka Imam Syafi’i.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Maret 18, 2009 by in Do'a and tagged .

Kategori

Arsip

IKLAN YANG KADANG TAMPIL DI BLOG INI SAMA SEKALI BUKAN MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB PEMILIK BLOG INI, MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMANAN ANDA...TERIMA KASIH

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 122 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 254,389 hits
%d blogger menyukai ini: