أبوفقيه Amaz Blognya Abu Muhammad Faqih

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ به طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Penjelasan tentang Isa “Kalimatullah”

Pertanyaan :

Allah Subhanahu Wa Ta’aala befirman, “Sesungguhnya Al Masih, Isa putera Maryam itu, adalah utusan Allah dan kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan Ruh dari-Nya. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya.”[An Nisa’ (4)171].
Sebagian dari kaum nashrani berkata bahwa ayat ini menguatkan keyakinan mereka tentang trinitas (Tuhan Bapak, Tuhan Anak dan ruh Kudus). Bagaimana menjawab
kebohongan ini?

Jawaban :

Pendapat kaum Nashrani ini sangat tidak beralasan, karena ayat tersebut tidak mengandung pengertian seperti yang mereka fahami. Pengertian yang tersirat dalam ayat tersebu adalah bahwa Allah Ta’ala menyebutkan kata “al Masih” kemudian menggantikan nama itu dengan nam aorang (personifikasi), yaotu Isa yang dinasabkan kepada ibunya, Maryam, sebagaimana orang lain dinasabkan kepada ayahnya. Allah menjadikannya sebagai rasul yang diutus kepada Bani Israil, kemudian penggambarannya disambungkan kepada Allah, maka dikatakan bahwa dia adalah “kalimat Allah” atau dengan kata lain, Allah menciptakannya dengan perkataan “jadilah” (kun), sebagaimana Allah menciptakan Adam dengan kata tersebut tanpa melalui proses pembuahan (tanpa ayah dan ibu), kemudian menggambarkannya sebagai ruh yang diciptakan Allah Ta’ala.

Dalam ayat tersebut terdapat tiga nama dan tiga gambaran yang ditujukan kepada Isa Alaihissalam. Pertama, penamaan Isa dengan nama Ibnu (anak) Maryam menepis anggapan bahwa Isa adalah anak Allah, karena Isa telah dinasabkan kepada ibunya. Kedua, Allah menyebut Isa sebagai Rasul Allah atau orang yang diutus Allah, sebagaimana para rasul yang membawa syariat-Nya yang diutus kepada makhluk-Nya agar mengajak mereka untuk beribadah kepada Allah. Ketiga, dalam auyat tersebut Allah menyebutkan Isa sebagai “kalimat Allah” yang diutus-Nya melalui seorang malaikat. Malaikat itu meniupkan ruh ke dalam perut Maryam sehingga ia mengandung, kemudian Allah menyebutkan bahwa ruh itu berasal berasal dari-Nya, yaitu ruh yang merupakan makhluk ciptaan Allah pula. Maka penamaan “kalimat Allah” merupakan tambahan kemuliaan, seperti yang terdapat dalam kata “Rumah Allah”(Baitullah), “pedang Allah” (saifulah) atau “Unta Allah” (Naaqatallah). Sedangkan kata “Ruh al Qudus” yang disebutkan Allah Ta’ala “Kami memperkuatnya dengan Ruhul Qudus”. (QS Al Baqarah (2) : 87), yang dimaksudkan adalah Jibril yang merupakan malaikat pembawa wahyu yang diturunkan kepada para nabi dan ia adalah makhluk ciptaan Allah, sebagaimana malaikat-malaikat yang lainnya. Wallahu A’lam

Syaikh Abdullah bin Jibrin Rahimahullah (dikutip dari buku “Benarkah ada kontradiksi Antara Ayat dan hadits?”, hal. 102-103)
_______________________________
Tambahan dari penulis :
Hal ini juga dibahas dalam kitab Fathul Majid Bab Fadhlut Tauhid Ma yukaffiru Minadz Dzunuub mulai halaman 57. Ketika membahas bab ini, ustad Ali Nur menjelaskan bahwa Isa Alaihissalam dinamakan dengan “kalimat” karena dia diciptakan dengan firman Allah “kun”, Isa bukan “kun” tetapi tercipta dengan “kun”. Kun itu dari Allah, sehingga dia bukan makhluk.

Kaum Jahmiyah menyatakan bahwa mereka menemukan ayat dalam Kitabullah yang menjadi bukti bahwa Al Quran adalah makhluk yaitu kata “kalimatuhu”. Karena, masih menurut mereka, kalau menganggap kalimat Alah bukan makhluk berarti sama saja menganggap Isa juga bukan makhluk sama seperti anggapan kaum Nashrani bahwa Isa adalah bukan makhluk sebagaimana kalimatuhu juga bukan makhluk.

Jadi kalau tidak faham dengan hal ini, kita seperti kepada dua pilihan yang sama-sama sesat, pemahaman Jahmiyah, yaitu menganggap kalimatuhu makhluk sehingga Isa adalah makhluk, atau pemahaman kaum Nashrani, yaitu menganggap kalimatuhu bukan makhluk sehingga Isa juga bukan makhluk.
Wallahu A’lam

2 comments on “Penjelasan tentang Isa “Kalimatullah”

  1. kafirmuslim
    Januari 14, 2013

    hehehe silakan anda menyangkal spt itu tapi kitab anda sendiri menulis yg disebut KALIMATULLAH HANYA ISA DAN KITABULLAH(silakan CEK!!!),jika Anda ngotot bahwa Isa itu ciptaan maka quran anda juga ciptaan(mahluk)dan jika itu benar maka anda KAFIR!!

  2. cak ipin
    Maret 4, 2016

    assalaamu ‘alaikum wr.wb. …

    maksud dari “kalimatullah” dalam [An Nisa’ (4)171] ialah … bahwa ISA ‘alaihisalaam adalah mahluk hidup … yang diciptakan Allah hanya dengan satu kata (kalimat) yaitu “kun” … tanpa melalui proses pembuahan (tanpa ayah) … sebagaimana penciptaan ADAM ‘alaihisalaam … yang penciptaannya tanpa melalui proses pembuahan (tanpa ayah dan ibu) … cukup hanya dengan kata (kalimat) yaitu “kun” …
    dan bagi Allah swt. bukan merupakan sesuatu yang mustahil …
    gitu lho … bro …
    adapun “Kitabullah” … merupakan kumpulan kalimat-kalimat (Firman) Allah … yang disampaikan Allah kepada para Rasul melalui malaikat Jibril … atau langsung kepada para Rasul (melalui mimpi atau isyarat atau cara lainnya) … yang isinya merupakan “petunjuk – perintah – kisah-kisah – hukum- dll” … sebagai pedoman bagi manusia agar diikuti dan dipatuhi oleh manusia …

    semoga bermanfaat …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Desember 30, 2008 by in Aqidah and tagged , , , , .

Kategori

Arsip

IKLAN YANG KADANG TAMPIL DI BLOG INI SAMA SEKALI BUKAN MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB PEMILIK BLOG INI, MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMANAN ANDA...TERIMA KASIH

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 122 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 252,192 hits
%d blogger menyukai ini: