أبوفقيه Amaz Blognya Abu Muhammad Faqih

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ به طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Investasi Terbesar

oleh : Abu Faqih

Dua atau tiga minggu setelah hari Raya Idul Fitri, pengurus masjid membuat kesepakatan untuk mengganti topik kajian malam kamis minggu keempat yang biasa diisi oleh ustadz Ali Nur. Mereka meminta kesediaan ustadz untuk membahas salah satu kitab karangan Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albany yang sudah sangat masyhur, yaitu kitab “Ahkamul Janaiz wa Bida’uha”, Sebelumnya beliau membahas Syarh Kitab Arbain An Nawawiyah.

Setiap orang mungkin memiliki metode yang berbeda-beda dalam mengikuti suatu taklim, ada yang hanya sukup mengengarkan saja, ada yang mendengar sambil mencatat hal-hal yang penting, ada yang membawa alat perekam, bagaimana dengan antum?

Ada juga yang membawa kitab yang sedang dibahas kemudian memberi catatan-catatan penting, walaupun sangat sedikit. Saya sendiri lebih menyukai metode ini karena lebih banyak memberikan banyak manfaat terutama menambah pengetahuan tentang ilmu nahwu, shorof, mufrodat (kosa kata bahasa Arab). Intinya menambah kemampuan kita untuk membaca tulisan arab gundul. Nah, karena di tempat saya, Medan, tidak tersedia kitab tersebut, saya pun meminta tolong kepada paman saya yang kebetulan tinggal di Jakarta.

Beliau pun menyanggupinya, dan tidak lama setelah itu beliau mengabarkan bahwa kitabnya telah tersedia dan segera akan dikrim ke Medan. Tetapi Alhamdulillah, ketika beliau menyebutkan harga kitab tersebut, ada hal yang membuat saya terharu dan bahagia. Beliau berkata,”… uangnya ngga usah diganti, buat amal jariyah saya”. Pernyataan yang sangat singkat tetapi bagi sangat bermakna. Mungkin sudah biasa bagi seseorang untuk memberi uang sejumlah harga kitab tersebut, karena memang tidak material,, tetapi bagi saya sangat bermakna ketika dia mengatakan bahwa itu “untuk amal jariyah”.

Kalau berbicara tentang investasi, perhatian kebanyakan orang mungkin akan langsung tertuju kepada harapan memperoleh keuntungan rupiah, atau mungkin dollar di masa yang akan datang. Karena kebanyakan orang selalu menjadikan materi sebagai patokan untung atau ruginya seseorang. Bahkan para sahabat yang ditanya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tentang orang yang merugi, mereka menjawab bahwa orang yang merugi adalah orang yang tidak memiliki dirham atau harta sebagaimana yang dikisahkan dalam hadits yang diriwayatkan Imam Muslim (8/18). <sup>1</sup> Apalagi masyarakat yang kini hidup dalam kekuasaan system ekonomi kapitalis hanya memikirkan uang, laba, tabungan, dan lain-lain yang ujung-ujungnya duit. Padahal sebanyak apapun harta yang mereka miliki belum tentu akan membuat mereka bahagia di akhirat nanti.

Paman saya, saya anggap sedang berinvestasi. Tentunya kita semua sudah sering dengan hadits tentang terputusnya amalan anak Adam ketika dia mati kecuali tiga hal<sup>2</sup>, termasuk yang dikatakan oleh paman saya. Jazakallah khairan katsira.

Wallahu A’lam

___________

Catatan kaki :

1. Ahkamul Jana’iz wa bida’uha hal. 13.

2. عن ابي هريرة رضى الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : ( إذا مات الانسان انقطع عنه عمله5إلا من ثلاثة [ أشياء ] ، إلا من صدقة جارية ، أو علم ينتفع به ، أو ولد صالح6 يدعو له ) . أخرجه مسلم ( 5/73 ) والسياق له والبخاري في ( الادب المفرد ) ( ص 8 ) وأبو داود ( 2/15 ) والنسائي ( 2/129 ) والطحاوي في ( المشكل ) ( 1/85 ) والبيهقي ( 6/278 ) وأحمد ( 2/372 ) ، والزيادة لابي داود والبيهقي .

3. bagi antum yang ingin memiliki atau download e book kitab Ahkamul jana’iz wa Bida’uha, bisa antum dapatkan di sini !

4. bagi antum yang tinggal di Medan dan sekitarnya, dapat mengikuti kajian kitab Ahkamul Jana’iz Wa Bida’uha setiap malam Kamis minggu ke-4 di masjid at Taubah, Jl. Kartika Lingk. IV Kel. Cinta Damai, Kecamatan Medan Helvetia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Desember 23, 2008 by in Hadits and tagged , , , , .

Navigasi

Kategori

Arsip

IKLAN YANG KADANG TAMPIL DI BLOG INI SAMA SEKALI BUKAN MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB PEMILIK BLOG INI, MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMANAN ANDA...TERIMA KASIH

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 122 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 252,192 hits
%d blogger menyukai ini: