أبوفقيه Amaz Blognya Abu Muhammad Faqih

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ به طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Doa Ruqyah (Jampi-jampi) Syar’i Untuk Mengobati Luka, Bisul, Borok dan Sejenisnya

Oleh: Abu Faqih

Bismillahirrahmanirrahim…

Segala Puji hanya bagi Allah.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam telah menyampaikan ajaran yang lengkap dan sempurna[1] kepada kita, termasuk bagaimana tindakan kita ketika menghadapi penyakit. Ada tiga pilihan yang bias kita ambil, yaitu dengan Thibbun Nabawi (madu, habbatussauda, minyak zaitun, dan lainnya), ruqyah syar’iyyah, dan dengan obat-obatan yang memang sudah diteliti secara medis dapat menyembuhkan penyakit.[2] Hanya saja sebagian orang masih memiliki pemahaman bahwa ruqyah itu hanya bisa diterapkan pada penyakit-penyakit jiwa atau rohani, bukan penyakit yang berkaitan dengan fisik, seperti kesurupan atau terkena sihir. Padahal ruqyah juga bisa dipergunakan untuk mengobati sakit secara fisik seperti sakit karena tersengat binatang berbisa sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat dari Abu Sa’id al Khudri yang tercantum dalam Shahih Bukhari.[3]

Alhamdulillah, dari pengajian tadi malam di Masjid at-Taubah yang diisi oleh ustadz Sudarno, walaupun saya datang sekitar 10 menit sebelum selesai karena suatu urusan, saya mendapatkan salah satu doa ruqyah yang sesuai syariat yang insya Allah bisa menyembuhkan luka, besar atau kecil, bisul, borok dan lainnya. Doa tersebut tercantum dalam Kitab Riyadhush Shalihin.[4]

Lafadz doanya adalah sebagai berikut:

بِسمِ اللهِ تُرْبَةُ أَرْضِناَ بِرِيْقَةِ بَعْضِناَ يُشْفَى سَقِيْمُناَ بِإِذْنِ رَبِّناَ

Untuk makna dari doa tersebut saya copas dari haditsweb (versi 4.1) Riyadhush Shalihin Bab 145 Ucapan Yang Dapat Digunakan Untuk Mendoakan Orang Sakit, dengan terjemahan sebagai berikut:

898. Dari Aisyah radhiallahu ‘anha bahwasanya Nabi s.a.w. itu apabila ada seorang yang mengeluh karena ada sesuatu yang dirasa sakit pada dirinya atau ada luka, baik kecil ataupun besar, maka Nabi s.a.w. berdoa dengan menggunakan jari tangannya sedemikian. Sufyan bin ‘Uyainah yang meriwayatkan hadits ini menunjukkan cara menggunakan jari itu, yakni telunjuknya diletakkan di bumi lalu diangkat dan di waktu meletakkan itu mengucapkan -yang artinya-: ”Dengan menyebut nama Allah, ini adalah tanah bumi kita, dicampur dengan ludah sebagian dari kita, dengannya dapat disembuhkan orang sakit diantara kita, dengan izin Tuhan kita.

Caranya adalah dengan membasahi jari telunjuk kita dengan ludah, kemudian digosokkan ke tanah yang bersih, dan dioleskan ke tempat yang sakit sambil membaca doa tersebut di atas (boleh berulang-ulang).[5]

Mengenai doa ini Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin Rahimahullah berkata:

ذكر بعض العلماء أن هذا مخصوص برسول الله صلى الله عليه وسلم وبأرض المدينة فقط وعلى هذا فلا إشكال.

ولكن رأي الجمهور أن هذا ليس خاصّاً برسول الله صلى الله عليه وسلم ولا بأرض المدينة بل هو عام في كل راق وفي كل أرض…

Sebagian ulama berpendapat bahwa hal ini khusus bagi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, khusus dengan tanah kota Madinah, dalam masalah ini tidak ada permasalahan.

Akan tetapi jumhur berpendapat bahwa hal ini bukan suatu kekhususan bagi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, juga bukan kekhususan untuk tanah kota Madinah, tapi berlaku umum untuk ludah siapa saja, dan tanah mana saja.[6]

Syaikh al Utsaimin juga menyebutkan bahwa ada dua syarat yang harus dipenuhi ketika menjalankan ruqyah ini, yaitu:

  1. Yang meurqyah harus benar-benar yakin bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan menyembuhkan orang yang sakit melalui ruqyah tersebut.
  2. Persetujuan orang yang sakit dan meyakini bahwa tindakan tersebut akan bermanfaat baginya.

Adapun jika ruqyah ini dilakukan hanya sekedar coba-coba, tidak akan memberikan manfaat karena harus dilakukan disertai dengan keyakinan bahwa apa yang dilakukan oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam itu adalah suatu kebaikan. Dan orang yang sakit harus menyetujui atau menerimanya dan meyakini bahwa ruqyah tersebut akan memberinya faidah. Adapun jika dia tidak yakin maka ruqyah tersebut tidak akan bermanfaat karena ayat-ayat ruqyah yang dibacakan kepada orang-orang yang memiliki penyakit dalam hatinya hanya akan menambahkan kekotoran mereka, kepada Allahlah kita memohon ampun.[7]

Tapi, saya ingatkan sekali lagi, bahwa segala hal termasuk kesembuhan atau manfaat dari suatu obat, itu datang dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Saya jadi teringat dengan percakapan dengan seorang teman yang mengatakan bahwa dia mendapat oleh-oleh dari tanah suci yang bisa memberinya manfaat dengan menghilangkan kesulitan yang dia alami, sepertinya dia hampir lupa bahwa bukan benda tersebut yang memberinya faidah kesembuhan, tetapi Allah yang memberinya faidah.

Demikian doa, ruqyah, atau jampi yang dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam ketika menghadapi orang yang mengalami luka, besar maupun kecil, memiliki bisul, borok atau penyakit yang sejenisnya. Semoga bermanfaat bagi saya, dan anda semua.

Wallahu A’lam.

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa mencurahkan taufiq-Nya kepada kita semua


[1] Lihat Surat Al Maidah ayat 3, dan Al Baqarah ayat 208.

[2]  Sepanjang obat-obatan (kimiawi) tersebut tidak berasal dari bahan-bahan yang diharamkan, karena hukum asal suatu benda adalah halal sampai ada dalil yang mengharamkannya.

[3] http://www.islamweb.net/hadith/display_hbook.php?bk_no=673&hid=11212&pid=142891 melalui http://alhijamah.wordpress.com/thibbun-nabawi-bukan-alternatif/  untuk lebih yakin, silahkan mengecek langsung ke kitab Shahih Bukhari atau kitab Fathul Baari bagi yang memiliki kitab-kitab tersebut.

[4]  Pagi harinya saya mendapatkan kiriman SMS dari ustadz bunyinya “Riyadhus shalihin jld 3 hal 472 hadits no. 906.” Saya sendiri, afwan, belum ngecek kitabnya, tapi mungkin itu Syarah Riyadhush Shalihin karya Fadhilatusy Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin Rahimahullah. Silahkan bagi yang memiliki kitabnya untuk meneliti langsung, atau yang memiliki Syarah riyadhush Shalihin karangan Syaikh Salim al Hilali Hafizhahullah bisa juga menelitinya langsung.

[5] المعنى أنه يضع إصبعه على الأرض، يضع إصبعه على الأرض ويقول: بسم الله، تربة أرضنا (ويضعه على محل الألم)، يقول:( بسم الله، تربة أرضنا بريقة بعضنا)، فعله النبي -صلى الله عليه وسلم- ……. يضع إصبعه على الأرض ثم يضع الإصبع على محل الألم.

Silahkan baca penjelasan Samahatusy Syaikh Abdullah bin Abdul Aziz bin Baz di http://www.binbaz.org.sa/mat/11456

atau dari alsonnah.net:

 وعليكم السلام/ تأخذ أصبعك وتبلله بالريق أولا ثم تمسحه في تراب نظيف وتمسح به الجرح وتقول (بسم الله تربة أرضنا بريقة بعضنا يشفى سقيمنا بإذن ربنا) ولا مانع أن تكرر

Lihat http://www.alsonnah.net/inf/articles.php?action=show&id=118

[6]  http://www.nagah.net/vb/showthread.php?t=16129

[7] Syarah Riyadhush Shalihin min Kalami Sayyidil Mursalin lifadhiltusy Syaikh al ‘Allamah Muhammad bin Shalih al Utsaimin, jilid IV, hadits ke-901, hal. 477 (pdf)

2 comments on “Doa Ruqyah (Jampi-jampi) Syar’i Untuk Mengobati Luka, Bisul, Borok dan Sejenisnya

  1. Fuat Akbar
    Desember 12, 2011

    Assalamualaikum….
    Ane mau nnya Cara penyembuhan luka ringan dengan cara di Usap gimana caranyah???

    Mohon balesanya …

    wassalamualaiku wr.wb

    • midazortega
      Desember 13, 2011

      alaikum salam warahmatullah wabarakatuh

      udah ada penjelasannya di atas akhi…

      Caranya adalah dengan membasahi jari telunjuk kita dengan ludah, kemudian digosokkan ke tanah yang bersih, dan dioleskan ke tempat yang sakit sambil membaca doa tersebut di atas (boleh berulang-ulang).

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Arsip

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 99 pengikut lainnya.

Blog Stats

  • 152,268 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 99 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: