أبوفقيه Amaz Blognya Abu Muhammad Faqih

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ به طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Nama-nama Yang Haram

Soal 96: Sebutkan nama-nama yang diharamkan!

Jawab: Syariat mengharamkan memberi nama bayi dengan nama ­nama sebagai berikut:

Pertama, para ulama sepakat mengenai haramnya memakai nama yang mengandung makna penghambaan diri kepada selain Allah, seperti: Abdul ‘Uzza, Abdusy Syams, Abdud Daar, Abdur Rasuul, Abdun Nabi dan lain-lain. Dalam kitab Shahih al-Adabi al Mufraad halaman 623 tercantum bahwasanya Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam pernah mengganti nama yang mengandung makna penghambaan diri kepada selain Allah. Diriwayatkan dari Hani bin Zaid bahwa ketika ia datang menghadap Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam sebagai utusan beserta kaumnya, beliau Shallallahu Alaihi Wasallam mendengar mereka memanggil salah seorang dari mereka dengan Abdul Hajar. Lantas Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bertanya kepadanya, “Siapa namamu?” la menjawab, “Abdu Hajar.” Beliau bersabda, “Tidak, kamu adalah Abdullah (hamba Allah) bukan Abdu Hajar (hamba batu)!”

Dari sini muncul kekeliruan dalam menisbatkan penghambaan terhadap nama-nama yang mereka kita termasuk Asma’ (nama-nama) Allah, padahal tidak. Seperti Abdul Maqshuud, Abdus Sattar, Abdul Maujud, Abdul Muththalib, Abdul Ma’bud dan lain-lain.

Kedua, memberi nama dengan nama-nama Allah, seperti Ar-Rahman, Ar­Rahim, Al-Khaliq dan Al-Bari. Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan An-Nasa’i, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pernah mengganti nama seperti ini. Diriwayatkan dari Hani bin Zaid yang telah disebutkan di atas juga tercantum,…. ia memiliki kunyah Abul Hakam, maka Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah adalah Al-Hakam dan Dia lah yang berhak menetapkan hukum k…kemudian beliau bersabda, “Kami adalah Abu Syuraih.” Hadits.

Allah Ta’ala berfirman:

 

“…Apakah kamu mengetahui ada seorang yang sama dengan Dia (yang patut disembah).” (QS. Maryam : 65)

Yakni tidak seorangpun yang berhak menyandang nama yang serupa dengan nama-Nya, yaitu Ar-Rahmaan.

Ketiga, memberi nama dengan nama Malikul Muluk, Sulthanus Salathin. dan Syahin Syah:

 

Sesungguhnya nama yang paling hina di hadapan Allah ialah seseorang yang menamakan dirinya Malikul Amlak (Raja diraja).

Dalam satu riwayat digunakan kata akhna sebagai pengganti kata akhna’a.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim beliau Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

Manusia yang paling dimurkai Allah nanti pada hari kiamat, yang paling keji dan yang paling dibenci-Nya adalah yang bernama Malikul Amlak (raja diraja). Sesungguhnya liada raja yang haq selain Allah. Subhanaahu wa Ta’aala.”

Makna akhna’a dan akhna adalah paling hina. Sebahagian ulama menyatakan makruh memberi nama dengan nama yang semakna dengan nama di atas, seperti Qadhi Qudhaat, Haakimul Hukkaam. Demikian yang disebutkan oleh Ibnu Qayyim Rahimahullah.

Keempat, memberi nama dengan nama Sayyidun Naas, Sayidul Kul, Sittul Kul sebagaimana diharamkan memberi nama dengan nama Sayyidu Waladi Adam untuk selain Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Kelima, memberi nama dengan nama berhala yang disembah, seperti Isaaf dan Naailah.

Keenam, memberi nama dengan nama orang-orang non arab yang menjadi ciri khas orang kafir.

Syaikh Bakr Abu Zaid berkata, “Seorang muslim yang merasa tenang dengan agamanya akan menjauh, menghindarkan diri, serta sekali­-kali tidak akan mendekatnya, akan tetapi fitnah ini begitu merajalela di masa sekarang. Kita sibuk memilih dan mencari-cari nama kafir dari Eropa maupun Amerika atau lainnya. Inilah salah satu pos dosa yang terparah dan sebab kehinaan. Seperti nama: Petrus, Georgeus, George, Diana, Ros, Suzan dan lain-lain.

Sungguh ini semua merupakan sikap latah terhadap orang-orang kafir, dimana mereka suka menyandang nama yang serupa dengan nama orang-orang kafir. Seandainya hanya dikarenakan kebodohan atau hawa nafsu saja maka hal ini disebut sebagai sebuah kemaksiatan dan dosa besar. Namun apabila dibarengi dengan keyakinan bahwa nama-nama tersebut lebih baik dari pada nama-nama kaum muslimin, maka ia benar-benar terancam dengan sesuatu yang menggoyahkan pondasi keimanannya. Bagaimanapun, baik sekedar nama atau dengan meyakini kelebihannya yang harus dilakukan adalah segera bertaubat kepada Allah Ta’ala dan syarat diterima taubatnya adalah dengan mengganti nama tersebut dengan nama-nama kaum muslimin.

Ketujuh, memberi nama dengan nama orang-orang non arab seperti Turki, Farsi, Barbar dan nama-nama lainnya yang sulit diucapkan oleh lisan arab, seperti: Naariman, Syiirihaan, Niifiin, Syiiriin, Syaadi (artinya monyet), Jihan dan lain-lain. Demikian yang disebutkan oleh Syaikh Bakr Abu Zaid. Tetapi menurut pendapat saya nama-nama itu hukumnya makruh, kecuali jika berkeyakinan bahwa nama tersebut lebih baik dari pada nama-nama kaum muslimin.

Kedelapan, memheri nama dengan nama-nama setan, seperti nama: Khinzaab, Walhaan, A’war, Ajda’. Demikian yang disebutkan oleh Ibnu Qayyim Rahimahullah. Walaupun hadits-hadits yang menyatakan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pernah ­mengganti nama-nama ini seperti Ajda’ dan Walhaan adalah hadits dha’if. Allahu A’lam.

 

Sumber: Ensiklopedi Anak, Abu Abdillah Ahmad bin Ahmad Al-Isawi, Penerjemah Ustadz Ali Nur, Penerbit Darus-Sunnah, hal. 232-235.

4 comments on “Nama-nama Yang Haram

  1. hariz
    September 26, 2010

    mcm mane kalau guna nama malaikat… sebab ramai yg guna nama malaikat sekarang .. contohnyer mikhail.

  2. salju
    November 16, 2010

    seperti yg sy baca diruangan ini “Syaikh Bakr Abu Zaid berkata, “Seorang muslim yang merasa tenang dengan agamanya akan menjauh, menghindarkan diri, serta sekali­-kali tidak akan mendekatnya, akan tetapi fitnah ini begitu merajalela di masa sekarang. Kita sibuk memilih dan mencari-cari nama kafir dari Eropa maupun Amerika atau lainnya. Inilah salah satu pos dosa yang terparah dan sebab kehinaan. Seperti nama: Petrus, Georgeus, George, Diana, Ros, Suzan dan lain-lain.

    SAYA NAK TANYA…SY ADA SELIDIK MENGENAI NAMA ‘DAYANA’ MAKSUBNYA ‘YANG KUAT’…ORG PUTIH MENGEJA ‘DIANA’…TP DALAM BAHASA ARAB KE MELAYU ‘DAYANA’ MAKSUB ARAB KE MELAYU YANG KUAT…SY RASA NAMA NI BUKAN ORG KAFIR PUNYA..

    • midazortega
      November 19, 2010

      saudaraku salju…walaupun dengan logat yang berbeda, semoga jawaban saya bisa anda fahami.

      kata dayana tidak mungkin bermakna “yang kuat”, jika anda bermaksud mencari kata yang bermakna “yang kuat”, anda harus mencari kata yang berbentuk isim fa’il. sedangkan dayana itu kalau dilihat dari bentuknya, itu bukan isim fa’il (bermakna yang, atau pelaku), tapi fiil madhi (kata kerja bentuk lampau).

      dalam kaidah bahasa arab yang sudah saya pelajari, huruf yaa itu huruf sakit (huruf ilat) seperti halnya wawu dan alif. dalam bentuk fiil madhi, huruf2 ilat tersebut jika menempati ‘ain fiil (huruf kedua) atau lam fiil (huruf ketiga) biasanya tidak di baca. kalau pada ain fiil misalnya dayana atau dawana akan berubah menjadi daana, kalau pada lam fiil misalnya ghazawa, akan berubah menjadi ghazaa.

      jadi kalau yang anda maksud dayana, seharusnya daana, fiil mudhari’nya (present atau future tense) yadiinu, isim mashdarnya (kata benda) dain, dan isim fa’ilnya adalah daa-in.

      wallahu a’lam

  3. Rafik Salmin
    April 16, 2014

    kalau nama Nailah, Seperti nama istri Kholifah Usman bisa dipakai nga, jadi tulisannya hurf A nya 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Juli 24, 2010 by in Fiqih and tagged , , , , , , .

Kategori

Arsip

Blog Stats

  • 145,243 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 96 pengikut lainnya.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 96 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: